Selasa, 27 Desember 2011

Tips Beli Ban Mobil Bekas


BELI BAN MOBIL BEKAS


Ban mobil sekarang harganya makin melangit aja. Nggga sedikit para pemilik mobil mencoba untuk melirik ban mobil bekas. Sah-sah aja hukumnya mau pake ban mobil bekas, tapi yang utama tetap utamakan keselamatan. Jangan gara-gara mau berhemat duit 200rb, nyawa anda jadi taruhannya. Seperti kita lihat sekarang banyak sekali ban mobil bekas yang dijual dipinggiran jalan ibu kota, banyaknya ukuran yang ditawarkan serta harga yang bersahabat sangat menggiurkan pemilik mobil.

Namun ada beberapa hal berikut yang perlu dicermati sebelum anda membeli ban mobil bekas.
1. Ukuran keausan ban bekas masih dalam taraf aman, ukur pake uang logam perak “gope’an” (limaratus perak). Masukan uang logam kedalam alur ban, dan cermati ketinggian permukaan ban. Batas minimal ketinggian alur ban adalah pada tulisan “bunga melati” apabila anda dapat membaca tulisan “bunga melati” pada saat uang logam dimasukkan maka ban tersebut sudah tidak layak pakai.

2. Pastikan keausan permukaan ban bekas rata (ban tidak makan sebelah kiri atau kanan). Putar ban secara seksama dari tutup pentil sampai kembali ke tutup pentil lagi 360 derajat.

3. Pastikan tidak ada benjolan pada permukaan ban bekas. Pasang ban pada pelek kemudian isi angin ban sesuai dengan ukuran yang tertera pada dinding ban. Periksa kondisi ban keseluruhan apakah terdapat benjolan. Biasanya benjolan adalah salah satu faktor ban bekas dijual karena membuat mobil tidak stabil (retur) cacat pabrik.

4. Sesuaikan ukuran dan model ban, usahakan alur ban paling minimal sama 2 set ( set ban depan kanan dan kiri sama) (set ban belakang kanan dan kiri sama)

Perlu dicatat.. bahwa penggunaan ban bekas bersifat untuk sementara, sebaiknya digunakan untuk ban serep saja. Umur pakai ban mobil bekas berbeda dengan umur pakai ban mobil baru.

KODE KECEPATAN MAKSIMUM BAN MOBIL
K= 110 km/jam
L= 120 km/jam
M= 130 km/jam
N= 140 km/jam
P= 150 km/jam
Q= 160 km/jam
R= 170 km/jam
S= 180 km/jam
T= 190 km/jam
U= 200 km/jam
H= 210 km/jam
V= 210 km/jam
PERHATIKAN TABEL DIATAS..JANGAN MEMACU BAN MOBIL BEKAS
Ban mobil bekas mempunyai batas toleransi kecepatan 20%-30%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar