Selasa, 18 Oktober 2016

Arti Indikator pada Kijang Innova

Saat mengemudikan kendaraan jangan lupa untuk senantiasa juga melakukan kontrol terhadap bagian indikator di dashboard, untuk memastikan tidak ada instrumen yang menyala. Pemakai dan pemilik kendaraan pada umumnya jarang ada yang peduli, dan memahami ada berapa jumlah lampu indikator yang terintegrasi di lokasi meter kombinasi. Pada umumnya lampu pengingat itu terdiri dari beberapa units dan sangat tergantung dari Merk dan Type mobil yang dimiliki. Untuk mobil Toyota Kijang Innova pada umumnya sebagai berikut:

10 lampu berkelompok di bagian bawah takometer (penunjuk putaran mesin di sebelah kiri) dan 4 lampu (terpencar) di sisi kanan bersama dengan penunjuk bahan bakar dan temperatur mesin.

"Namun dari semua itu, ada tiga (lampu) yang harus diawasi betul. Yakni, lampu peringatan oli, sistem pengisian, dan cek mesin, bila didiamkan tanda2 ke tidak beresan ini maka kadang2 mobil tidak jalan alias ngadat.
Berikut jenis lampu Indikator yang terdapat pada Toyota Kijang Innova:

1. Lampu peringatan sistem rem tangan/handrem:
Ketika kunci kontak di posisi "ON" dan posisi rem tangan difungsikan (tuas ditarik), lampu akan menyala. Kecuali, saat mesin mau dihidupkan dan rem tangan sudah diturunkan. Kala kunci kontak di "ON" lampu akan menyala beberapa detik. Ketika mesin sudah menyala dan tuas rem dilepas, ternyata lampu tidak mati, atau, saat berjalan, mendadak lampu menyala. Ini menandakan (untuk mesin bensin), jumlah minyak rem berkurang (rendah) dan sangat berbahaya jika mobil dipaksakan jalan. Jika di mobil diesel, kevakuman rendah. Cepat bawa ke
bengkel resmi Toyota.

2. Lampu peringatan sabuk pengaman (seatbelt) :
Lampu menyala jika pengemudi tidak menyematkan sabuk. Ketika kunci kontak diputar ke "ON", lampu berkedip dan terus berkedip. Baru berhenti jika sabuk sudah dikenakan. (untung mobil jepang, nek mobil eropa kadang2 mesinnya gak mau di start)

3. Lampu peringatan sistem pengisian (gambar aki) :
Lampu menyala ketika kunci kontak diputar ke posisi "ON" dan mati ketika mesin sudah hidup. Jika ternyata, lampu itu masih terus menyala, berarti ada masalah dalam sistem pengisian saat mesin bekerja. Segera matikan mesin dan periksalah mungkin muncul malafungsi seperti putusnya drive belt mesin. Bisa cepetan beli V-belt lalu pasang sendiri atau dipasangkan bengkel atau jika ingn yg falid ya Segera hubungi bengkel resmi Toyota.

4. Lampu peringatan tekanan oli menyala :
Saat berkendara, lampu berkedip atau tetap menyala, cari tempat yang aman, segera menepi dan cari tempat yang aman. Lampu mungkin sekali-sekali berkedip ketika mesin idling atau mungkin menyala sebentar setelah berhenti lama. Tidak ada penyebab jika kemudian padam saat mesin diakselerasi sedikit. Lampu menyala jika permukaan oli terlalu rendah dan jangan memaksakan mobil tetap jalan. Sekalipun jaraknya beberapa kilometer saja, memaksakan mobil tetap jalan bisa-bisa menyebabkan kerusakan mesin yang sangat parah. "Ternyata diperiksa jumlah oli masih cukup, berarti bisa pompa oli lemah atau switch rusak. Bisa juga lubang-lubangnya mampet.

5. Lampu indikator malafungsi (gambar mesin), juga disebut dengan MIL atau Malfuction Incadicator Lamp :
Nyala lampu menandakan ada masalah dalam sistem kelistrikan. lampu menyala karena ada gangguan pada sistem sensor, kabel-kabel, socket2 & konector (biasa lah penyakit innova, utamanya bagian TPS & kontrol katup gas/throtle) atau dari ECU. "Kalau gangguannya di bagian tersebut, masih ada back-up, tapi bagian lain menjadi terabaikan, dan dianjurkan untuk segera dibawa ke bengkel. Jika lampu menyala dan putaran mesin tidak naik saat pedal gas ditekan, kemungkinan ada masalah di sistem kontrol throttle elektronik (mesin bensin) atau sistem kontrol mesin elektronik (mesin diesel). Akan terasa ada getaran dan boleh dibawa jalan (tapi menunju bengkel krn programnya mesin yg berkerja saat itu adalah FAILSAFE) dengan kecepatan rendah santai saja. Sistem tidak bisa dipulihkan jika mesin dimatikan (kunci kontak diputar ke posisi "ACC" atau "LOCK")

Cara mengatasinya, cabut dan pasang lagi konektor2 nya, pastikan terpasang sempurna, lalu cabut sekering "INJECTION" atau pull aki bagian negatif juga bisa. tunggu selama 15 s/d 20 detik, lalu pasang kembali sekering atau pull akinya, (satu masalah sdh teratasi)

Untuk mesin bensin, jangan sampai salah dalam pengoperasian pedal. Adapun mesin diesel, jika menyala, jangan melaju dengan kecepatan tinggi. Ini ada ketidaknormalan tinggi pada tekanan pendorong dalam turbocharger.

PERINGATAN: JANGAN SEKALI-SEKALI BERMAIN-MAIN DENGAN PEDAL GAS ATAU DI KOCOK-KOCOK SAAT MESIN MASIH DALAM KONDISI DINGIN ATAU KUNCI KONTAK "ON". TINGGALKAN KEBIASAAN LAMA, KEBIASAAN MENGOPERASIKAN MOBIL BERKARBURATOR SUDAH GAK JAMANNYA!!!, mobil sampeyan itu sdh cangih, gak usah di gas klo pengen nyala'in mobil.

6. Lampu peringatan bensin
Lampu ini menyala saat persediaan di tangki mendekati kosong. Bisa menyala lebih awal saat di tanjakan atau turunan lantaran terjadi pergerakan bahan bakar.

7. Lampu peringatan ABS
Kondisi normal, saat kunci kontak di "ON", lampu anti-lock brake system menyala dan padam setelah beberapa detik. Sebaliknya, ketika lampu peringatan menyala, ABS tidak bekerja sehingga roda-roda bisa mengunci pada saat pengereman mendadak atau mengerem di permukaan jalan yang licin. Tetapi sistem rem masih bekerja secara biasa. Segera hubungi bengkel Toyota terdekat.

8. Lampu peringatan pintu
Lampu ini tetap menyala sampai semua pintu ditutup dengan sempurna. Atau, ada yang ditutup kurang kencang.

9. Lampu peringatan SRS (hanya pada beberapa model)
Lampu akan menyala saat kunci kontak di "ON" dan sekitar 6 detik kemudian padam. Ini menandakan sistem airbag bekerja sempurna. Sistem lampu peringatan memonitor rakitan sensor airbag (termasuk airbag depan), inflator, persambungan kabel, dan sumber tenaga.
Jika terjadi kesalahan pada fungsi suatu bagian yang dimonitor, lampu peringatan akan menyala. Jika kunci sudah dikontak dan lampu tidak menyala atau terus menyala setelah 6 detik, atau saat berkendara, lampu mendadak menyala, segera hubungi bengkel resmi Toyota.

10. Lampu peringatan sistem bahan bakar (diesel)
Lampunya ada dua metode;Jika berkedip, itu memperingatkan jumlah air yang terkumpul dalam saringan dalam saringan bahan bakar telah sampai pada tingkat yang ditentukan. Kuras air secepatnya. Jika lampu menyala, itu menandakan ada problem dengan sistem bahan bakar.

11. Lampu peringatan penggantian timing belt (mesin diesel)
Lampu ini menyala jika jumlah jarak tempuh sudah mencapai 150.000 km atau 90.000 mil dan harus segera diganti. Bila terus dipaksa jalan bisa membuat timing belt putus dan mesin rusak.
Bila Anda mengalami kedua hal itu, sebaiknya kendaraan jangan dijalankan, terutama dengan air terkumpul akan merusak pompa bahan bakar.

12. Buzzer / alarm pengingat lampu
Buzzer akan bunyi jika switch lampu besar masih posisi di "ON" ketika pintu pengemudi dibuka dan kunci kontak telah dilepas.

13. Buzzer pengingat kunci
Bekerja sebagai pengingat untuk melepas kunci ketika membuka pintu pengemudi dengan switch mesin di posisi "ACC" atau "LOCK"

Begitulah kiranya, sekedar share aja antar teman tentang kijang innova. Mudah-mudahan tidak bingung dan dapat menambah sedikit ilmu tentang kendaraan jaman sekarang.

walaikum salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar