Rabu, 07 Oktober 2009

7-zip

7-zip

Jika anda memilih software kompresi, maka pilih lah software yang hasil kompresinya paling kecil. Tetapi di samping itu ada yang lain. Dan saya akan membandingkan keduanya menurutku saja.
Sekilas tentang kedua software itu :

1. 7-zip
Nama lengkap software ini adalah 7-zip file manager. Jika kita compress file menggunakan ini, file hasil compressnya berekstensi .7z. 7-zip bisa juga dipasang di linux.

2. Winrar
Yang paling orang suka dari software ini adalah hasil kompresi bisa dikasih password. Jika kita mengkompress menggunakan winrar maka ekstensinya adalah .rar. Winrar bukan software freeware. Tapi entah mengapa walaupun bertahun-tahun tanpa diregistrasi software ini tetap bisa digunakan.

Dan perbandingan keduanya adalah :
1. Ukuran Kompresi
Maksudnya ukuran hasil kompresinya. Ukuran hasil kompresi paling kecil adalah 7-zip.

2. Keamanan
Winrar bisa dikasih password. Ini bermanfaat jika anda upload file di hosting supaya tidak asal didownload kecuali dari website anda. Jadi winrar oke lah.

3. Komplaitable
Artinya yang bisa mengenali banyak file. Menurutku banyak winrar. Winrar bisa membuka .jar sedangkan 7-zip belum. Sekedar info 7-zip tidak dapat membuat file .rar tetapi hanya bisa membaca. Dan sebaliknya winrar juga tidak bisa membuat file .7z tetapi hanya bisa membacanya.

4. Popularitas
Menurutku banyak 7-zip lah. Karena software ini freeware. Kalau saya sendiri lebih senang 7-zip. Karena saat mengkompress dan extract ada speednya. Jadi tau kecepatannya.
Dan kesimpulannya menurutku lebih bagus 7-zip. Kalau mau download bisa didownload di Ziddu.


Silakan coment yang panjang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar