Rabu, 14 Oktober 2009

Instalasi Ubuntu 9.04 Netbook Via USB

Ubuntu 9.04 NetBook (Remix) merupakan salah satu edisi dari Linux Ubuntu 9.04 desktop yang dikhususkan untuk dipasang pada perangkat Netbook seperti Asus EEE PC, Mini Notebook yang banyak menggunakan processor Atom N270, termasuk A*Note I-Star C-1026 yang penulis miliki.
Tutorial singkat ini mengakibatkan USB flash disk yang anda miliki akan berisi file sistem Linux Ubuntu 9.04 edisi Remix khusus untuk Netbook. Flash disk ini kemudian dapat digunakan untuk menginstal Linux Ubuntu tersebut ke dalam harddisk atau sekedar digunakan sebagai sebuah distro Live CD. Intinya, apa yang dihasilkan menyerupai sekeping CD instalasi (Live CD) dari Ubuntu Desktop yang dapat diambil di ubuntu.com.

Langkah-langkah yang dipaparkan di sini dilakukan di lingkungan Windows, sehingga juga memudahkan pengguna Windows yang belum terbiasa dengan Linux tetapi sangat bertekat melakukan migrasi secara mudah, aman dan nyaman.

Bagaimana membuat USB flash disk bootable dan berisi Linux Ubuntu 9.04 Netbook (Remix)? Ikuti tahap-tahap berikut:
  1. Download file image Ubuntu 9.04 NetBook Remix di http://releases.ubuntu.com/jaunty/ubuntu-9.04-netbook-remix-i386.img dan simpan di lokasi tertentu, misalnya E:\ atau Desktop.
  2. Download utility bernama Disk Imager (digunaan untuk menyalin image ke USB flash disk) dari http://launchpad.net/win32-image-writer/0.1/0.1 /+download/win32diskimager-RELEASE-0.1-r15-win32.zip. Ekstrak paket tersebut ke suatu folder.
  3. Masukkan perangkat USB flash disk, dan ingat huruf drivenya
  4. Masuk ke folder di mana Disk Imager di ekstrak, jalankan file (double click) Win32DiskImager.exe
  5. (1) Cari (klik …) file ubuntu-9.04-netbook-remix-i386.img pada komputer anda (di Desktop misalnya), (2) Pilih perangkat (drive) USB yang akan dijadikan tujuan penulisan image, dan (3) klik tombol Write untuk menyalin image ke USB flash disk tersebut.
  6. Setelah proses penulisan image oleh Disk Imager selesai, restart komputer anda, set BIOS atau menu Boot untuk melakukan boot dari perangkat USB dan reboot. (Beberapa Netbook memungkinkan anda menekan F10 atau F12 untuk menentukan perangkat boot temporer saat Netbook baru dinyalakan).
Jika semua berjalan baik, anda sudah mempunyai sebuah USB portabel berisi USB Ubuntu 9.04 NetBook Remix yang dapat dijalankan sebagai sistem operasi Live alternatif dari perangkat USB atau menginstal Netbook anda melalui Ubuntu Netbook Installer built in.
Kinerjanya bagaimana? Cukup memuaskan, meskipun seperti pada versi Desktop, anda belum dapat mendengarkan lagu dari file berformat mp3, flv, dan ra.
OK dech, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar