Minggu, 18 Juli 2010

Kenali Penyakit Batu Ginjal Dan Cara Mencegahnya

Batu ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang cukup banyak terjadi di Indonesia. Tentu semua orang tidak ingin mengalami penyakit batu ginjal. Akan tetapi, dengan minimnya informasi dan kesadaran dari setiap individu maka kasus penyakit batu ginjal tetap saja sering terjadi. Satu hal yang harus kita waspadai adalah, penyakit batu ginjal hampir sama dengan penyakit organ tubuh lain, karena sering tidak menimbulkan gejala dini. Penyakit batu ginjal akan terasa jika batu ginjal tersebut sudah sangat kronis dan penderita penyakit batu ginjal akan mengalami sakit yang luar biasa karena air kencing tertahan di kandung kemih.

Walaupun pada awalnya penyakit batu ginjal tidak bergejala, akan tetapi indikasi kecil sudah terlihat. Berikut adalah beberapa gejala penyakit batu ginjal yang bisa kita gunakan sehingga kita dapat mencegahnya sedini mungkin:

- Rasa sakit yang luar biasa pada pinggang bawah baik satu sisi maupun keduanya.
- Rasa nyeri kadang dirasakan sampai ke pangkal paha.
- Rasa meriang atau demam seperti gejala flu.
- Sering ual dan muntah tanpa sebab yang jelas
- Warna air kencing keruh, berwarna kuning atau kemerahan dan sering keluar darah.
- Bau air kencing yang lebih menyengat walaupun sudah disiram air.
- Rasa panas atau terbakar saat kencing (mirip dengan infeksi saluran kemih)

Gejala diatas sebenarnya tidak terlalu spesifik untuk menentukan adanya batu ginjal sebab gejala karena infeksi saluran kencing pun memberikan gejala yang serupa. Bila anda merasakan berbagai gejala diatas, sebaiknya anda segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaannya dapat berupa pemeriksaan fisik, laboratorium dan foto rontgen atau USG.

Salah satu cara mudah dan praktis untuk mencegah penyakit batu ginjal adalah dengan banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, maka batu ginjal yang ada di dalam ginjal dan kandung kemih akan larut dan bisa terbuang bersama air kencing. Jika Anda mengalami gejala tersebut dan masih malas untuk minum air putih yang banyak, maka batu ginjal tersebut akan semakin kronis. Banyaklah minum air putih dengan rajin melakukan terapi air putih.

Dengan rajin melakukan terapi air putih 2 kali sehari yaitu pagi hari dan malam hari, maka dalam tempo yang singkat batu ginjal akan hilang. Akan tetapi, ada baiknya Anda selektif dalam memilih air yang hendak Anda konsumsi. Sampai saat ini, hanyalah air minum yang diproses dengan sistem reverse osmosis yang paling baik dan steril untuk melakukan terapi air putih. Anda bisa gunakan hasil air minum
reverse osmosis yang sudah jadi dalam kemasan atau Anda miliki produk reverse osmosis system baik reverse osmosis rumah tangga atau reverse osmosis komersial. Semoga sedikit tips tentang penyakit batu ginjal dan cara mengatasinya ini dapat berguna untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar